the 5 Ms of advertising strategi iklan perusahaan

the 5 Ms of advertising strategi iklan perusahaan

Strategi Iklan perusahaan adalah sebuah alat promosi yang digunakan untuk menimbulkan awareness dan knowledge akan produk perusahaan. Kotler dan Keller (2009) menyebutkan Advertising is any paid form of nonpersonal presentation and promotion of ideas, goods, or services by an identified sponsor.

5 Ms of Advertising

Dalam melaksanakan program advertising perusahaan harus dapat mengidentifikasikan pasar sasaran dan motif pembeliannya. Selanjutnya perusahaan baru dapat keputusan utama dalam membuat program periklanan, yang dikenal dengan the 5 Ms of advertising. Kelima keputusan tersebut terdiri dari mission, money, message, media, dan measurement. Berikut bagan beserta penjelasan lebih lanjutnya.

the 5 Ms of advertising

  1. Mission, menggambarkan What are the advertising objective? dan Advertising objective dapat digolongkan berdasarkan jenis tujuannya, yaitu a) Informative advertising, dilakukan oleh perusahaan pada tahap awal, bertujuan untuk menciptakan kesadaran dan pengetahuan terhadap jasa hotel, atau features tambahan pada penawaran yang telah ada.b) Persuasive advertising, dilakukan ketika perusahaan menghadapi persaingan, untuk menciptakan kesukaan, preferensi, keyakinan, dan pembelian suatu service yang ditawarkan.c) Reminder advertising, dilakukan untuk mendorong pembelian ulang terhadap service yang ditawarkan. Advertising jenis ini penting dilakukan ketika suatu produk dalam tahap kedewasaan, yang bertujuan untuk menjaga agar produk tersebut selalu teringat di benak konsumen.d) Reinforcement advertising, dilakukan untuk meyakinkan pembeli bahwa mereka telah melakukan pilihan yang tepat terhadap jasa yang mereka konsumsi.
  2. Money, merupakan budget yang harus dikeluarkan dalam membuat program periklanan.
  3. Message, merupakan keputusan setelah membuat anggaran advertising.
  4. Media, adalah sarana yang digunakan dalam menyampaikan pesan yang perusahaan telah buat sebelumnya.

Keputusan terakhir yang merupakan hal penting untuk   dipertimbangkan adalah measurement.

  1. Measurement, memiliki pengertian How should the result be evaluated ?, hal ini dapat dilakukan dengan: a) Communication-effect research, yaitu menentukan apakah suatu iklan berkomunikasi secara efektif.b) Sales-effect research, yaitu berapa banyak penjualan yang dihasilkan oleh suatu iklan, dan juga seberapa besar dampaknya terhadap peningkatan kesadaran merek dan preferensi merek dari produk yang ditawarkan perusahaan.
Tags :

Leave a Reply