Racikan Bumbu & Terasi Jadi Keistimewaan Nasi Goreng Indonesia

Screenshot_13

INDUSTRI kuliner nusantara kembali jadi perhatian dunia, sesudah dua tokoh dunia yaitu, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al Saud dan bekas Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, berkunjung ke Indonesia sekian waktu lalu. Terkecuali menjumpai Presiden Joko Widodo, ke-2 tokoh ini tidak menyia-nyiakan kesempatannya untuk nikmati keindahan alam serta mencicipi kuliner nusantara.

Bahkan juga, saat menjamu Obama, Presiden Jokowi berniat menyuguhkan beragam jenis makanan favoritnya termasuk juga nasi goreng. Memanglah telah jadi rahasia umum kalau racikan nasi goreng Indonesia mempunyai cita rasa yang ciri khas dibanding olahan nasi goreng negara beda.

Dimana letak kelebihan nasi goreng Indonesia? Jawabannya, tidak beda tidak bukanlah terdapat pada bumbu basic yang dipakai. Untuk buat hidangan nasi goreng yang lezat, paling tidak diperlukan sebagian jenis bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, tomat, cabai, yang menyatu dengan nasi, telur, dan penambahan kecap manis ataupun asin.

Kombinasi bumbu itu nyatanya berikan rasa gurih yang tidak sempat diketemukan pada olahan nasi goreng yang lain. Hal seirama juga disadari oleh Executive Chef, Stefu Santoso, satu diantara aspek terbesarnya yaitu karna citarasa bumbu rempah-rempah yang ciri khas.

BACA JUGA : Janganlah Salah Sekali lagi! Nyatanya Seduh Teh Tidak Bisa Lebih dari 4 Menit, Mengapa?

“Bumbu rempah-rempah itu begitu susah didapati di daerah western. Jadi saat mereka mencicipi nasi goreng yang lezat, lidah mereka segera tersugesti dengan rasa rempah-rempah kita yang ciri khas, ” papar Stefu, pada sekian waktu lalu.

Berdasar pada pengalamannya sampai kini, Stefu mengungkap kalau umumnya ekspatriat atau wisatawan mancanegara suka pada nasi goreng yang diperlengkapi dengan bumbu sambal terasi.

“Mereka itu paling sukai nasi goreng yang umum, yang basenya ada sambal terasi. Sambal terasi berikut yang buat nasi goreng lebih merasa tasty di lidah mereka, ” imbuhnya.

Diluar itu, untuk memperoleh hidangan nasi goreng dengan rasa yang lezat, nyatanya mesti memakai tehnik spesial dalam membuatnya.
” Bumbu apa pun itu tentu enak bila dibuat lewat cara yang benar. Kuncinya terdapat pada suhu wajan. Mesti betul-betul dinyalakan dalam api yang tinggi serta memasaknya juga tidaklah terlalu lama sekitaran 2-5 menit saja. Persoalannya, Ibu-ibu dirumah umumnya kan takut bila mendadak kompornya meledak, ” terang Stefu.

Memanaskan wajan dengan suhu yang tinggi juga berperan supaya nasi tidak melengket di bagian basic wajan. Point perlu yang lain yang perlu di perhatikan yaitu waktu mencampurkan sayur kedalam nasi goreng.

” Bila ingin memberikan sayur, tunggulah sampai nasi masak, lantas masukan supaya tidaklah terlalu layu serta rasa-rasanya juga masih tetap fresh, ” ujarnya.

Leave a Reply