Teknik budidaya lele yang efisien

Teknik budidaya lele yang efisien

Budidaya lele dapat dilakukan di dalam lahan terbatas maupun luas. Caranya pun sederhana dan tidak rumit dalam arti dapat dilakukan oleh semua orang. Pada lahan yang terbatas atau sempit, kita dapat melakukan budidaya dengan menggunakan kolam terpal. Kolam terpal mampu menjaga kebersihan air dan relative lebih aman terhadap hama. Kita dapat mengunjungi jual kolam terpal untuk mendapatkan kolam tersebut. Kolam terpal ini mudah diterapkan sehingga cocok bagi pemula yang ingin memulai budidaya ikan lele. Jika kita memiliki sumber daya yang lebih besar seperti lahan yang luar dan dana besar maka kolam tanah dan kolam semen dapat menjadi pilihan. Kolam tanah mampu menyediakan makanan alami bagi lele namun kebersihan air kolam perlu sangat diperhatikan. Sedangkan kolam semen lebih awet dan mampu menjaga suhu air dengan baik.

Kini teknik budidaya lele telah berkembang salah satunya dengan system bioflok. Sistem ini dikenal efisien dan tentunya ramah lingkungan. Pada prinsipnya teknik ini melalui pengembangan mikroorganisme. Mikroorganisme ini kemudian menjadi pakan alami bagi ikan lele sehingga lebih efisien. Pakan alami yang tercipta dari teknik bioflok ini juga bermanfaat menjaga kualitas air sehingga lebih baik. Teknik ini dapat menghemat pergantian air, efisiensi dalam hal pakan dan meningkatkan produktivitas. Hal yang perlu diperhatikan dari penerapan teknik ini adalah kandungan oksigen dan kadar PH air. Teknik bioflok ini dilakukan pada kolam terpal dan telah diterapkan pada negara-negara maju. Untuk Indonesia sendiri teknik ini tergolong baru. Dengan teknik ini kita dapat memproduksi ikan lebih banyak dalam kolam yang sempit.

Teknik budidaya lele

 

Apapun teknik yang digunakan tentu kita harapkan dapat bermanfaat bagi budidaya ikan lele. Pada dasarnya ikan lele mudah untuk dibudidayakan karena kita dapat menemukan berbagai cara untuk dipilih. Budidaya ikan lele ini masih sangat menguntungkan sehingga perlu dikelola dengan teknik yang tepat. Pemerintah telah mendukung para petani budidaya ikan lele salah satunya dengan pemberian benih. Diharapkan dengan adanya sinergi  antara pemerintah dan petani mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas.

Leave a Reply